5 Cara Mengatasi HP Android Bootloop Paling Ampuh

Setiap perangkat Android pasti memiliki spesifikasi dan keunggulan yang berbeda-beda. Performa yang mantap, spesifikasi yang memumpuni, dan dukungan multitasking yang maksimal menjadi pilihan terbaik bagi para pengguna Android. Namun, sebagus atau secanggih apapun smartphone yang kamu miliki, pastinya berpeluang untuk mengalami masalah.
Cara Memperbaiki Hp Android Bootloop Paling Ampuh dan Mudah

Masalah yang dialami bisa terjadi pada perangkat lunak atau perangkat keras. Sebagian besar masalah yang sering terjadi pada perangkat lunak, mulai aplikasi diinstal, aplikasi bawaan (bloatware), sampai sistem Android.

Salah satu isu sistem Android yang cukup untuk membuat jengkel adalah bootloop.
Bootloop adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada beberapa pengguna Android yang menyukai sistem Android mengoprek pada smartphone.

Masalah Bootloop dapat terjadi pada semua perangkat Android dari semua merek. Di satu sisi, bootloop ini menjadi salah satu keuntungan dan kerugian dari OS Android.

Bootloop Penyebab dapat bervariasi, mulai dari proses karena rooting, peningkatan OS Android yang gagal, custom ROM yang gagal atau rusak, flashing firmware tidak berhasil, virus Android, dan masih lebih banyak.

Biasanya sumber bootloop masalah karena kegagalan atau kesalahan ketika mengoprek sistem Android dengan alasan sebagai cara untuk HP Android tidak lambat.

Karakteristik smartphone yang berjalan di bootloop adalah ketika smartphone dihidupkan, pengalaman awal smartphone terus menerus tanpa henti (bootloop) atau layar smartphone keluar andalannya.

Hal tersebut tentunya membuat aktifitas harian yang biasa dilakukan pada smartphone menjadi tidak bisa dilakukan sama sekali.

Bicara soal bootloop, mari kita ketahui dulu dengan masalah ini. Sebenarnya, ada tiga jenis bootloop yang dapat terjadi pada perangkat Android, seperti 
  1. Android Light Bootloop, 
  2. Android Medium Bootloop, dan 
  3. Android Hard Bootloop. 

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis bootloop di Android:

Android Light Bootloop: karakteristik Bootloop jenis ini adalah terjadinya tiba-tiba proses boot yang berdampak pada layar hitam selama beberapa detik atau bahkan hanya menampilkan ponsel logo saja. Hal ini biasanya terjadi pketika memakai normal yang disebabkan oleh rusak menginstal aplikasi, bermain game, atau ketika Anda mengutak- sistem utama.

Android Medium Bootloop: Masalah ini terjadi karena boot android pengguna Android yang ingin mencoba mengubah sistem Android dengan masuk ke menu Recovery Mode. Recovery Mode adalah menu di Android yang dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah dan gangguan pada perangkat Android. Namun pada kenyataannya, ada sering menyalahgunakan menu Recovery Mode.

Biasanya penyalahgunaan ini dilakukan untuk melakukan rooting, menginstal script, dan lainnya. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, ini dapat mengakibatkan bootloop terjadinya atau terjadinya booting berulang pada perangkat Android.

Android Hard Booting: Jenis masalah booting Android diklasifikasikan dalam masalah yang paling sulit, karena booloop terjadi cukup parah. Masalah Bootloop biasanya karena pengguna Android yang gagal untuk meng-upgrade sistem operasi Android. Selain itu, ini juga mungkin karena ROM saham pengganti yang menyebabkan proses boot tidak normal di perangkat Android.

Dalam berbagai forum online, pertanyaan terkait ini masalah bootloop dipertanyakan oleh pengguna Android. Biasanya mengajukan pertanyaan seperti ini: "Mengapa logo Android saya hanya muncul ketika diaktifkan telepon bukan?"; "Aku benar-benar mendadak Android kematian;? Atau 'Bagaimana sehingga dapat telepon saya bisa masuk ke menu'?.

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan bootloop, kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang bagaimana cara mengatasi bootloop android. Berikut adalah cara untuk Anda:

1. Mengatasi Bootloop Ringan
Untuk memperbaiki perangkat Android yang bootloop ringan, Anda tidak perlu melakukan langkah-langkah teknis. Anda cukup mematikan perangkat Android Anda (jika hidup). Lalu, cabut kartu memori, kartu operator, dan baterai.

Kemudian diamkan selama 30 menit sampai 24 jam. Setelahnya, pasang dan hidupkan kembali perangkat Android Anda. Lalu amati proses bootingnya. Jika masalah bootloop masih terjadi, maka lanjutkan ke metode-metode yang akan kami jelaskan di bawah ini.

2. Hapus Cache Sistem
Yang paling mudah dan sederhana pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Android bootloop yaitu membersihkan file cache pada memori sistem dan Android. Bagaimana cara bersihinnya, benar saya tidak bisa masuk ke menu Android?

Untuk melakukannya dengan cara ini, Anda harus masuk ke menu Recovery Mode. Menu Recovery Mode pada setiap smartphone berbeda, dan jalan masuk juga akan bervariasi.
Anda harus masuk menu Recovery Mode sesuai dengan jenis perangkat Android yang Anda gunakan. Anda harus masuk ke menu recovery mode sesuai dengan jenis perangkat HP Android yang Anda gunakan.

Sebagai contoh, Anda bisa menyimak beberapa langkah masuk Recorvery Mode untuk salah satu merek smartphone di bawah ini.

  • Tekan Power + Volume Bawah selama beberapa detik sampai tampilan logo telepon di layar.
  • Lepaskan kedua tombol yang Anda tekan. Selanjutnya akan muncul menu Recovery Mode.
  • Pilih menu “Advanced”, kemudian pilih “Wipe-Dalvik Cache”.
  • Kemudian, pilih menu "Mounts & Storage", lalu pilih opsi 'Wipe/ Cache".
  • Selesai.


3. Wipe Cache Partition
Anda bisa mencoba metode WipeCache Partition. Metode ini akan menghapus file cache pada partisi memori. Caranya hampir sama dengan metode pertama, yaitu sama-sama melalui menu Recovery Mode. Biasanya, metode ini dilakukan untuk mengatasi jenis bootloop menengah atau menengah. Untuk melakukannya,  simak langkah-langkahnya di bawah ini:


  • Tekan Power + Volume Bawah selama beberapa detik sampai tampilan logo telepon di layar.
  • Lepaskan kedua tombol yang Anda tekan. Selanjutnya akan muncul menu Recovery Mode.
  • Pilih “Wipe Cache Partition”
  • Jika muncul pesan konfirmasi, pilih “Yes”.
  • Selesai.


4. Wipe Data / Factory Reset
Anda dapat mencoba metode Wipe data atau Factory Reset (Hard Reset). Cara ini biasa dilakukan untuk mengatasi masalah bootloop berat (Hard Bootloop) atau untuk menghapus virus Android paling berbahaya yang menjangkiti perangkat Android Anda. Cara yang sama juga biasa dilakukan sebagai cara menghapus akun GMail di HP atau hal-hal untuk me-reset data pada Android.

Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan Anda melakukan backup dari semua file yang tersimpan di memori internal dan eksternal dari smartphone Android Anda.

Menyimpan data backup Anda di area penyimpanan terpisah, misalnya pada yang terbaik hard drive eksternal saat ini. Untuk melakukan backup dan hard reset, lihat langkah-langkah berikut:


  • Tekan Power + Volume Bawah selama beberapa detik sampai tampilan logo telepon di layar.
  • Lepaskan kedua tombol yang Anda tekan. Selanjutnya akan muncul menu Recovery Mode.
  • Pilih menu “Backup & Restore”, lalu pilih “Backup”.
  • Kemudian, pilih menu “Wipe Data/ Factory Reset”.
  • Jika muncul pesan notifikasi, pilih “Yes”.
  • Selesai.


5. Flashing / Install Firmware
Cara terakhir untuk menyelesaikan bootloop Android, berkedip atau menginstal ROM.
Sebelum melakukan metode ini, pastikan Anda memiliki firmware atau saham ROM sesuai dengan jenis perangkat Android yang Anda gunakan. Jika Anda belum memiliki firmware yang sesuai dengan tipe perangkat Anda, Anda bisa googling.

Cukup ketik kata kunci yang berkaitan dengan firmware sesuai dengan jenis smartphone Android yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda adalah sebuah smartphone Android Acer Z520, maka pencarian kata kunci adalah "firmware Acer Z520". Untuk teknik flashingnya itu sendiri dapat berbagai macam, bisa berkedip langsung dari SD Card, menggunakan software Odin Flashing Tool, komputer, atau teknik lainnya.

Akhir Kata


Nah itulah cara memberbaiki HP Android yang bootloop di Android tanpa PC, Anda dapat lakukan sendiri di rumah tanpa repot. Jika Anda ragu atau kurang bisa untuk mengatasi bootloop sendiri, Anda bisa datang ke Service Center HP di daerah Anda. Semoga Bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Mengatasi HP Android Bootloop Paling Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel