Pengertian dan Fungsi CPU Lengkap Beserta Komponennya

Saat membeli sebuah perangkat komputer biasanya seseorang akan melihat spesifikasinya terlebih dahulu. Mengecek spesifikasi pada perangkat yang ingin Anda beli hukumnya wajib, jangan sampai Anda membeli perangkat yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda.
Intel Core i7, salah satu prosesor dengan teknologi quad core
Intel Core i7, salah satu prosesor dengan teknologi quad core

Misalkan Anda membeli komputer, salah satu perangkat yang harus Anda periksa pertama kali adalah CPU atau prosesor. Mungkin Anda pernah mendengar istilah Pentium dan beberapa spesifikasi CPU seperti quad core intel i7 3,5 GHz, dan lain sebagainya. Istilah ini mengacu pada kecepatan prosesor komputer atau CPU.

Melalui artikel berikut ini, kita akan membahas pemahaman CPU serta fungsi - fungsi komponen CPU yang perannya sangat penting untuk komputer atau laptop.

Pengertian CPU


CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit, merupakan komponen hardware atau perangkat keras untuk memproses data dalam komputer.

Prosesor dapat disebut otak komputer karena ia mengelola semua aktivitas dan menjalankan semua program, termasuk aplikasi atau perangkat lunak.

Apapun itu semua terkait dengan proses sistem komputer baik proses sepele akan selalu diatur oleh CPU. Sebagai contoh, ketika Anda menekan huruf "H" pada keyboard saat mengetik huruf "H" muncul di layar, yang menunjukkan bahwa prosesor diaktifkan.

Jadi, tanpa prosesor di komputer, komputer tidak akan dapat melakukan apa pun atau komputer tidak akan dapat menjalankan program.

Secara teknis, prosesor ini juga lebih sering disebut prosesor. Misalnya, ketika membaca dan mengenali spesifikasi prosesor, Anda sebenarnya membaca spesifikasi prosesor suatu perangkat.

Komponen CPU


Suatu CPU setidaknya memiliki sebuah “prosesor” atau suatu chip yang tertanam didalamnya yang berfungsi dalam proses kalkulasi komputer. Namun, perkembangan teknologi yang lebih cepat dan lebih cepat juga memungkinkan prosesor memiliki lebih dari satu prosesor atau disebut juga "prosesor core".

Istilah yang sering kita dengar saat ini berasal dari perkembangan teknologi seperti teknologi CPU "dual core" di mana prosesor memiliki dua core pengolahan, dan quad core. memiliki empat processing core. Canggih teknologi CPU bahkan memiliki enam (hexa-core) dan delapan core processing (octo jantung).

Selain itu, server komputer yang canggih mungkin memiliki beberapa prosesor yang mengandung banyak core.

Fungsi CPU


Sebagai komponen utama komputer, CPU melakukan beberapa fungsi penting. Di antara fungsi-fungsi ini meliputi:

1. Fetching
Fetching adalah suatu istilah yang digunakan dalam ilmu komputer dan diartikan sebagai proses pengambilan atau pemanggilan data. Pada komputer, data yang tersimpan dalam CPU harddisk dengan alamat.

Diibaratkan data didalam prosesor atau CPU disusun dalam kumpulan alamat dan ketika suatu program dijalankan CPU akan mengambil data dari alamat yang tersimpan dalam komponennya tersebut.

2. Decoding
Dalam suatu sistem CPU, sebuah program yang akan dijalankan atau yang dieksekusi, harus sesuai dengan kode instruksi yang nantinya akan diterjemahkan agar CPU dapat mengenalinya dalam kode instruksi biner. Dapat disimpulkan bahawa decoding adalah proses menerjemahkan program ke dalam bahasa yang difahami oleh CPU.

Decoding dilakukan di CPU dan semua program yang berjalan di komputer harus melalui proses decoding terlebih dahulu.

3. Executing
Ketika sebuah program dimulai, CPU akan menjalankannya. Maksudnya adalah CPU akan melakukan satu hal yakni melakukan kalkulasi atau perhitungan dengan menggunakan suatu komponen didalamnya yang disebut dengan ALU atau Arithmetical Logical Unit.

Kompenen ALU bertanggung jawab untuk semua proses perhitungan matematis dan logis pada komputer. Selain pelaksanaan fungsi CPU juga dimaksudkan sebagai proses memindahkan data dari satu perangkat penyimpanan ke perangkat memori lainnya.

4. Storing
Menyimpan data lainnya adalah fungsi dari CPU. Saat seseorang menggunakan komputer maka ia membutuhkan perangkat untuk menyimpannya baik secara sementara maupun secara permanen.

Jika seseorang memerlukan data cepat dan menyimpannya sementara, toko CPU dalam RAM sedangkan data disimpan secara permanen ke dalam hard drive. Kedua fungsi tersebut dijalankan dan dikendalikan sepenuhnya oleh CPU.
Cara Kerja CPU
Cara Kerja CPU

Untuk melakukan fungsi-fungsi ini, prosesor tidak hanya mengandalkan prosesor, tetapi juga melibatkan beberapa perangkat lain: hard drive, motherboard, RAM, floppy drive, kartu suara, port USB, VGA card, dan sebagainya. Kesemua bagian tersebut tersusun sedemikian rupa dan saling terhubung satu sama lain. Semakin cepat CPU bekerja, semakin baik juga performanya.

Kecepatan CPU diukur dengan satuan Hertz yang berarti satu operasi perdetiknya dan biasanya dituliskan dalam satuan GHz atau Giga hertz. 1 GHz didefinisikan sebagai kecepatan CPU untuk melakukan sejuta operasi di komputer. Apakah Anda sekarang mengerti arti dari CPU dan CPU fungsi dan komponen?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi CPU Lengkap Beserta Komponennya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel