Pengertian dan Fungsi RAM Di Komputer dan Gadget

Mungkin bagi Anda yang sering menggunakan gadget, kata RAM sering Anda dengar atau Anda temui. Saat membeli perangkat, Anda sering memeriksa berapa banyak RAM yang terkandung di dalamnya.
RAM

Bagi sebagian orang, semakin besar ukuran RAM, semakin cepat kinerja perangkat yang kita beli cepat, baik komputer, laptop atau ponsel. Benarkah seperti itu? Karena itu, lihat penjelasan tentang arti RAM, fungsi RAM, dan variasi ukuran RAM yang paling umum ditemukan di pasaran.

Pengertian RAM


RAM (Random Access Memory) adalah perangkat di komputer atau gadget yang dapat dengan cepat mengakses memori secara acak. Terkadang, RAM juga disebut memori utama dalam suatu perangkat.

Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak mempercepat tampilan data. Selain itu, RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat ketika perangkat dihidupkan dan data belum disimpan di hard disk. Kita dapat mengatakan bahwa RAM adalah perangkat memori tercepat di komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti hard disk atau hard disk dan SSD atau Solid State Drive.

Namun, hal lain yang membedakan RAM dari perangkat penyimpanan lain adalah bahwa memori yang disimpan bersifat sementara dan secara otomatis akan hilang jika komputer atau perangkat dimatikan. Dapat dijelaskan secara umum bahwa saat kita membuka suatu program maka terjadi pemindahan data dari hard disk menuju RAM, mengapa? Karena data dalam RAM lebih cepat dan lebih mudah diakses daripada data atau memori pada hard drive.

Akses ke data dari RAM tidak memerlukan latensi atau menunggu. Semakin besar RAM suatu perangkat, semakin cepat data atau memori suatu program dapat diakses. Bahkan, kapasitas RAM dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kecepatan perangkat komputasi atau gadget lain seperti laptop dan smartphone.

Fungsi RAM


Perangkat tentu memiliki fungsi dalam gadget, serta RAM. Fungsi utama RAM antara lain:

1. Membaca Data
Data yang tersimpan pada hard drive biasanya akan ditampilkan lebih lama karena dapat dikatakan bahwa hard drive adalah perangkat memori yang berjalan lambat. Memang, hard disk berisi banyak data dan butuh waktu untuk menemukannya, terutama jika data terfragmentasi.

Untuk mengurangi kelambatan dalam proses panggilan data, setelah pembukaan pertama file atau data, data tersebut dibaca dan sementara disimpan dalam RAM sehingga lebih cepat diakses saat program masih berjalan dan komputer belum dimatikan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa RAM berfungsi dengan sangat cepat, bahkan lebih cepat dari solid state drive sehingga data yang sedang dibaca dan dibuka dalam sebuah program akan dapat dibuka kembali dengan cepat ketika beralih dari satu program ke program lain hingga program ditutup

2. Penyimpanan Sementara
Selain membaca data, RAM juga berfungsi sebagai penyimpanan data sementara saat program sedang berjalan.
Task Manager
Contoh program yang berjalan pada komputer

Misalnya saat mengetik text pada Microsoft Word atau program lainnya, maka kata-kata yang dituliskan akan tersimpan pada program tersebut meskipun penyimpanan bersifat sementara dan tidak permanen. Dengan menyimpan sementara data dalam RAM, program dapat berjalan lebih cepat dan lebih responsif.

Mengingat sifat sementara penyimpanan dalam RAM, ingatlah untuk menyimpan data dalam format permanen karena peristiwa yang tidak diinginkan, seperti kegagalan daya atau lainnya, dapat menyebabkan data hilang dan tidak bisa diakses kembali.

Ukuran RAM


Jumlah RAM akan mempengaruhi kinerja atau kecepatan komputer. Jika komputer berjalan lamban, cek ukuran RAM dalam komputer dan jika seluruh kapasitas RAM hampir terisi penuh maka menambahkan RAM atau mengupgrade RAM akan dapat mempercepat performa sistem dalam perangkat komputer.
View Basic Information
Jumlah RAM pada komputer

Menambahkan RAM ke komputer dengan kapasitas 1GB atau 2GB tidak akan terlihat saat digunakan untuk membuka banyak program seperti game, foto, video, dan sebagainya.

Akses ke RAM lebih cepat, tetapi mengapa komputer atau sistem tidak menyimpan semua datanya dalam RAM? Alasan utamanya adalah karena ukuran RAM sebuah perangkat gadget selalu lebih kecil dibandingkan dengan ukuran hard disk.

Itulah pengertian tentang fungsi RAM dan RAM, serta ukuran RAM yang banyak digunakan. Misalnya, di komputer, ukuran hard disk bisa mencapai 10 TB, sedangkan RAM maksimum biasanya hanya 8 GB, bahkan kapasitas versi Enterprise 8 hanya bisa mencapai angka maksimal 512 GB.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi RAM Di Komputer dan Gadget"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel